Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Sejarah

Sundakala: Cuplikan Sejarah Sunda Berdasarkan Naskah-Naskah

Berat 0.25
ISBN 9789794193303
Penerbit Pustaka Jaya
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Waktu itu awal tahun 1970-an. Ada kabar tentang naskah-naskah Pangeran Wangsekerta dari Cirebon. Naskah-naskah itu berisi tentang sejarah Sunda khususnya, dan sejarah Indonesia umumnya, yang lengkap dan bernilai tinggi sebagai sumber sejarah.

Atja, yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Museum Negeri Jawa Barat dan Kepala Bidang Permuseuman dan Kepurbakalaan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, berupaya mencari naskah-naskah itu, dan berhasil. Didapatkanlah sekitar 50 naskah yang ditulis pada kertas daluang dengan menggunakan aksara dan bahasaJawa serta mengandung lima seri karangan yang memaparkan sejarah Sunda,Pulau Jawa, dan Nusantara sejak masa prasejarah hingga abad ke-17.

Sejak itu timbullah kontroversi menyangkut isi dan keaslian naskah-naskah tersebut. Di tengah suasana seperti itu, ayatrohaedi sebagai ahli kebudayaan Sunda turut aktiv menggali isi naskah-naskah tersebut dan mengumumkannya di berbagai tempat dan kesempatan. Dalam buku ini tulisan tulisan Ayatrohaedi yang semula bertebaran di berbagai media massa dan jurnal ilmiah dihimpun jadi satu. Dengan begitu buku ini dapat membantu para peminat sejarah yang tertarik untuk menyingkap keseluruhan masalah menyankut naskah-naskah Wangsekerta.

(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)