BAB 1 KOMUNIKASI INTRAPRIBADI YANG TERLUPAKAN 3 A. Komunikasi Intrapribadi sebagai Fondasi Rumah Komunikasi. B. Batasan Penelitian dan Perumusan Masalah. C. Tujuan Penelitian. D. Manfaat Penelitian. E. Kajian Pustaka . F. Kerangka Konsep.
BAB 2 FONDASI RUMAH KOMUNIKASI ISLAM MELALUI KOMUNIKASI INTRAPRIBADI (KIP) 21 A. Hadapkan Wajahmu ke Komunika si Fitrah/Komunikasi Islam. B. Interaksi Cinta Allah dan Cinta Publik Melalui Komunikasi Spiritual C. Interaksi Daya Pikir dan Daya Zikir Melalui Komunikasi Intrapribadi. D. Interaksi Dimensi al-Jism dan al-Ruh Melalui Komunikasi Lingkungan E. Manusia yang Istimewa, Unik, dan Mulia sebagai Manusia Khalqan Akhar F. Kekuatan Komunikasi Intrapribadi dalam Membangun Karakter Manusia. G. Kategorisasi dan Sub-Kategorisasi: Karakter Manusia Kembali ke Fitrah.
BAB 3 CINTA DIRI DALAM DIMENSI AL-JISM SEBAGAI BASYARIAH QUOTIENT MELALUI KIP 55 A. Konsep Manusia dalam Wawasan Al-Qur’an. B. Manusia sebagai Makhluk Basyariyah Quotient C. Manusia sebagai Kaum Profesional
BAB 4 CINTA LINGKUNGAN SEBAGAI ENVIRONMENTAL QUOTIENT MELALUI KIP 97 A. Selamatkan Lingkungan B. Pandangan Islam dalam Cinta Lingkungan C. Manusia Lupa sebagai Wakil Allah di Muka Bumi. D. Langkah-langkah Cinta Terhadap Air E. Langkah-langkah Cinta Kepada Udara F. Langkah-langkah Cinta Terhadap Tanah G. Menjadi Manusia Bashariyah (Sehat Jasmani dan Lingkungannya)
BAB 5 MANUSIA UNGGUL, SEMPURNA, DAN SEIMBANG SEBAGAI MAKHLUK INSANIYAH MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTRAPRIBADI (KIP) 123 A. Cinta Keikhlasan B. Cinta Ilmu C. Cinta Pensucian Diri . D. Cinta Publik (Senang Menjadi Pelayan Publik) E. Cinta Allah SWT sebagai Pencipta
BAB 6 LEMAHNYA KEKUATAN KOMUNIKASI INTRAPRIBADI (KIP) KETIKA TURUNNYA KECERDASAN KEFITRAHAN 157 A. Bergesernya Bingkai Fitrah Kemanusiaan B. Gelapnya Dimensi Roh dan Turunnya Roh Quotient/Spiritual Quotient C. Lemahnya Akal dan Rendahnya Intelektual Quotient. D. Matinya Kalbu dan Redupnya Emotional Quotient E. Gairahnya Nafs Syaithaniyah dan Pudarnya Nafs Mutmainnah Quotient F. Jauhnya Fitrah Quotient. G. Terapi Perubahan Diri Menurut Pandangan Psikologi Islam
BAB 7 KECERDASAN NAFS: NAFS QUOTIENT SEBAGAI PEWADAH ANTARA JASMANI DAN ROHANI MELALUI KIP 187 A. Potensi Nafs yang Positif B. Makna dan Tingkatan Kecerdasan Nafs C. Terapi Menuju Nafs Kamilah D. Kiat Introspeksi Diri (Muhasabah) E. Menjauhi Riya F. Sukarnya Penerapan Ikhlas G. Menjadi Mukhlisin dan Manusia Sempurna
BAB 8 AKAL SEBAGAI PENENGAH ANTARA DIALOG DIMENSI KALBU DAN DIMENSI NAFS MELALUI KIP 203 A. Potensi dan Aktivitas Akal B. Syahadat sebagai Penggerak C. Penegak Shalat dalam Amal Makruf dan Nahi Mungkar. D. Kontrol Diri Manusia E. Kecerdasan Sosial. F. Menjadi Hamba Allah dalam Indahnya Ibadah Haji G. Menjadi Ulama (Ulil al-Baab) Pemikir dan Pezikir
BAB 9 DIMENSI ROH MENJADI PELAYAN PUBLIK 221 A. Pemahaman Terhadap Roh B. Rindu Kepada Allah SWT dan Ridha-Nya C. Kepribadian Manusia yang Loyal. D. Karakter dalam Membumikan Al-Qur’an E. Percaya Kepada Pemimpin F. Gambarkan Cita-citaku G. Manajemen Arah Layar Kehidupan H. Menjadi Pelayan Publik
BAB 10 PENJERNIHAN KALBU (TAZKIYAH AL-QALB) MELALUI KIP 247 A. Potensi, Daya, dan Aktivitas Kalbu B. Fungsi Kalbu C. Kondisi Kalbu dan Rasa Cinta D. Menjadi Orang Beruntung
BAB 11 TINGGINYA KECERDASAN KE-FITRAH-AN SEBAGAI PEMBINGKAI 259 A. Potensi, Daya, dan Aktivitas Fitrah B. Perjanjian Agama Tauhid C. Allah SWT sebagai Pelindung 263 D. Ibadah Sempurna Menjadi Khalifah Sekaligus Hamba Allah E. Manusia Kembali ke Fitrahnya
BAB 12 MELATIH DIALOG DAN DIRI DALAM AL-QUR'AN MELALUI KOMUNIKASI INTRAPRIBADI (KIP) 269 A. Terapi Komunikasi Intrapribadi (KIP) Melalui Dialog B. Kata Diri Sendiri dalam Al-Qur'an
BAB 13 MEMBANGUN BUDAYA CINTA TANAH, AIR, DAN UDARAMELALUI KIP 301 A. Integrasi Komunikasi Spiritual, Komunikasi Islam, dan KomunikasiLingkungan B. Belajar Kalender Tahunan Masalah Tanah, Air, dan Udara C. Komunikasi Lingkungan dalam Penyuluhan UU PengelolaanSampah 2008
BAB 14 MODEL KOMUNIKASI INTRAPRIBADI (KIP) 321 A. Model Komunikasi Intrapribadi (KIP) Menurut PsikologiKomunikasi B. Sensasi, Persepsi, Memori, dan Cara Berpikir MenurutIslam C. Model Komunikasi Intrapribadi (KIP) Dean C. Burnlund D. Model Komunikasi Intrapribadi dalam Pandangan Islam